Social Icons

Minggu, 07 Februari 2010

Fenomena Lubang Cacing




Sering terbesit di benak kita apa sih luba
ng cacing?? apa lubang yang banyak cacing nya??? yang jelas sih bukan, lalu apa donk?? read this out


pertama tama kita harus tahu tentang sejarah bintang, well memang lubang cacing sangat berkaitan dengan sejarah bintang. Ketika sebuah bintang lahir maka pasti dia akan mati walau berbeda masa hidup nya antara satu bintang dengan bintang yang lain nya.

Cara mati nya bermacam-macam tergantung besar massa bintang tersebut.
Ada 2 cara untuk sebuah bintang mengakhiri hidup nya, yaitu:
-Supernova
-Giant red

Supernova terjadi ketika sebuah bintang super raksasa ( yg gedeee amattt ) kehabisan bahan bakar nya yaitu hidrogen, lalu karena bahan bakarnya maka inti nya jadi amattt puanaaaass karena proses nuklir fusi sudah macet.
Akibatnya maka dia meledakan diri nya dalam sebuah ledakan terbesar di alam semesta, bahkan ledakan ini dapat membuat bintang yang redup menjadi terang untuk beberapa saat, contoh nya: Supernova 1994D



setelah meledak sisa ledakan nya akan menjadi bintang neutron (pulsar) atau sebuah lubang hitam


sebuah bintang neutron yang berputar
menghasilkan psaran magnetis di sekeliling nya


sebuah lubang hitam yang sedang menghisap materi bintang

untuk Giant red akan di bahas di post Raksasa Merah
sekarang pertanyaan nya adalah lubang cacing dari mana? terus itu apa?

Lubang cacing adalah sebuah terowongan yang terbentuk dari lubang hitam yang dapat di lalui oleh pesawat luar angkasa sebagai jalan pintas melalui ruang dan waktu. Lubang cacing berasal dari lubang hitam yang sudah lama terbentuk sehingga stabil dan memungkinkan 2 dimensi ruang & waktu berhubungan.

Lubang hitam dapat terbentuk jika gravitasi dari sebuah bintang mengalahkan massanya yang biasanya terjadi pada bintang ukuran massif seperti betelguese di konstelasi orion, beruntung matahari kita tidak termasuk tipe ini.

Setelah lubang cacing terbentuk maka akan terbagi menjadi 3 tipe:
1.tipe ruang
tipe ini bersifat berpindah ruang, maksud nya jika kita masuk ke dalam nya maka kita hanya akan berpindah tempat sehingga bisa di jadikan jalan pintas (shortcut) untuk mengarungi ruang angkasa yang luas.

2.tipe waktu
tipe ini bersifat berpindah waktu, maksud nya jika kita masuk ke dalam nya maka kita akan berpindah masa (waktu) sehingga bisa di sebut mesin waktu, konsep ini di buktikan dengan ada nya gelombang radio dari masa perang dunia 2 yang di temukan di sekitar lubang cacing yang sedang di teliti.

3.tipe ruang & waktu
tipe ini merupakan perpaduan kedua nya, sehingga kita dapat berpindah ruang & waktu saat memasuki lubang cacing tersebut.

Hingga sekarang masih belum diketahui apakah lubang cacing terbentuk secara alami. Jika lubang cacing benar ada, untuk membuat lubang cacing tetap terbuka, sejenis materi akan dibutuhkan. Jika tidak, lubang cacing akan hilang dengan sangat cepat setelah terbentuk. Jika digambarkan melalui bidang datar, seperti kertas yang dilipat, lubang cacing membengkokan bidang tersebut, sehingga kedua ujung akan saling bertemu (seperti pada gambar di atas).

Istilah lubang cacing pertama kali digunakan oleh John Archibald Wheeler tahun 1957. Namun, pada tahun 1921, matematikawan Jerman Hermann Weyl telah mengusulkan teori lubang cacing.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar