Social Icons

Minggu, 10 November 2013

Zaman Es, apa itu dan apakah akan terjadi lagi ?



Yossh, Moshi - Moshi, long gap antar pos haha soalnya banyak tugas.. langsung aja sekarang saya akan membahas tentang peristiwa Geologi yang disebut Zaman Es atau dalam bahasa Inggris "Ice Age" .

Apasih yang dimaksud Zaman Es?
Zaman es adalah suatu interval waktu yang panjang dimana suhu global mengalami penurunan dan banyak daerah di Bumi ditutupi es, dalam geologi kondisi ini disebut Glacial era, dan kebalikan dari Glacial era adalah Interglacial era (kondisi Bumi tanpa es).

Glacial dan Interglacial bersama-sama saling muncul hilang seperti sebuah siklus geologi, jadi bisa dibilang Zaman es dan kondisi hangat saling ganti-gantian muncul dan hilang.. Yap! tidak seperti yang kita pikir selama ini dimana Zaman es hanya terjadi sekali, ternyata Bumi sudah mengalami beberapa Zaman es di masa lalu.. well tepatnya 5 kali Zaman Es besar.

lalu sekarang? ya faktanya, kita masih berada di dalam zaman es, yaa tepatnya masih dalam proses pencairan menuju era Interglacial. Zaman es terakhir dimulai 20.000 tahun yang lalu dan mulai terjadi penghangatan 11.000 tahun yang lalu hingga saat ini.

Zaman Es Pertama

BIC di Afrika Selatan
Para peneliti menemukan bukti zaman es pertama dari lapisan batuan yang disebut BIC (Bushveld Igneous Complex) di Afrika Selatan, sebuah deposit batuan beku yang mengandung bermacam-macam mineral menjadikan tempat itu kaya akan mineral. Dari sana disimpulkan Zaman es pertama dimulai 2,4 Milyar tahun lalu pada periode Siderian dan berakhir 2,1 Milyar tahun lalu pada periode Rhyacian.

Huronian Glacilation 2,4 Milyar Tahun Lalu
Zaman es pertama ini dinamakan Huronian Glaciation, yang disebabkan oleh turunnya kadar Co2 di atmosfer dikarenakan munculnya makhluk hidup phototropic besar-besaran yang mengubah Co2 di atmosfer menjadi Oksigen sehingga kadar Co2 turun drastis menyebabkan efek rumah kaca menjadi turun dan suhu global pun turun. Diperkirakan Bumi mirip seperti Bola Salju saat itu.

Apa penyebab terjadinya Zaman Es?
Kok bisa sih Bumi mendingin dan menghangat gitu?

Penyebab terjadinya Zaman es bisa dibilang banyak, diantaranya, gangguan pola Iklim dan Arus Laut, Kadar Co2 di atmosfer, Gunung berapi, dan bahkan Tubrukan Meteor. Zaman es kebanyakan terjadi karena pendinginan aerosol dimana oleh sebab tertentu sinar matahari tidak mencapai atau ditahan di Bumi. Contoh pendinginan akibat erupsi gunung berapi bisa dilihat saat letusan gunung Tambora 1815 dimana letusannya menyebabkan Tahun tanpa Musim Panas 1816 di Eropa, akibat dari penurunan suhu karena dihalanginya sinar matahari oleh debu vulkanik Gunung Tambora.

dalam Geologi kita mengenal istilah "Jika sesuatu itu pernah terjadi di masa lalu, maka cepat akan lambat pasti akan terjadi di masa yang akan datang"

bisa dibilang Geologi adalah ilmu yang melihat masa lalu untuk melihat masa depan, dikarenakan apapun yang akan terjadi di masa yg akan datang kita akan mendapat petunjuknya dari masa lalu, yap sebuah siklus..!

Melihat 400.000 tahun ke belakang



Jika kita melihat ke belakang 400.000 tahun maka kita akan melihat pola suhu yang seperti gunung dan lembah, yap sejak 400 ribu tahun lalu telah terjadi 4 Glacial dan 5 Interglacial termasuk sekarang. Tren penurunan dan penaikan suhu seperti ini telah terjadi tidak lama di masa lalu dan akan terjadi di masa yg akan datang, bisa dibilang kita berada dalam masa yang tidak stabil.

Let's Open Our Mind
Setelah membaca post ini diharap kalian sadar bahwa Bumi kita, Atmosfer kita sangat rentan dan rapuh. Apalagi ditambah dengan booster Interglacial oleh manusia dengan melakukan Global Warming di Bumi, membuat kita tidak bisa melihat jelas ke depan karena kita mempercepat siklus yang seharusnya berjalan sendiri. Akibatnya? tidak ada yang tahu, karena periode Interglacial saat ini adalah periode penghangatan yang paling cepat yang pernah terjadi dalam sejarah Bumi.dikarenakan campur tangan manusia.

yang jelas apapun yang kita perbuat sekarang, akan mempengaruhi Bumi ke depan

Sumber 1
Sumber 2


2 komentar:

  1. yoi, pola iklim sekarang mengalami perubahan besar2an apalagi ditambah sama aktifitas manusia.. thanks for visit ^_^

    BalasHapus
  2. tanda tandanya apa klw terjadi lagi jaman es...

    BalasHapus