Social Icons

Minggu, 06 November 2011

Mengenal Lebih Dekat Yerusalem, the holy city for 3 major religions



Kota yang telah telah diserbu lebih dari 50 kali, ditaklukan sebanyak 36 kali dan dihancurkan sebanyak 10 kali. Kota suci 3 agama, Islam, Kristen dan Yahudi, pernah dikuasai oleh berbagai bangsa, dari Yahudi, Romawi, Persia, Arab, Turki, Inggris hingga Yahudi lagi.




Yap, itulah Yerusalem, atau Al-Quds, adalah sebuah kota yang terletak di timur tengah, tepatnya di tengah-tengah lembah Judea. Kita sudah pernah mendengar di tv ataupun berita bahwa kota ini merupakan kota yang paling banyak di perebutkan oleh berbagai bangsa di dunia, sebenar nya kalo kita perhatikan kota ini hanyalah sebuah kota yang berada di tengah gurun, tidak ada yang spesial yang bisa di dapat disini.

Namun, walau begitu, kota ini memiliki sejarah yang sangat panjang, terkait 3 Agama besar, Islam, Kristen dan Yahudi. Ke 3 agama ini memiliki sejarah dan cerita nya sendiri di kota ini.

Yahudi
Menurut sejarah, kota ini telah berdiri sejak 30 abad yang lalu, raja pertama yang berkuasa adalah nabi Daud a.s, inilah kerajaan Yahudi pertama. Nabi Daud berkuasa sampai tahun 970 SM, dan dilanjutkan oleh Nabi Sulaiman a.s . Pada masa pemerintahan Nabi Sulaiman dibuatlah bait suci pertama (kuil peribadatan) atau dikenal dengan bait Sulaiman dibukit Moria. Namun dihancurkan saat Babilonia mengambil alih kota ini pada tahun 587 SM. Yahudi diperbolehkan membangun kembali bait keduanya pada pemerintahan Romawi, namun dihancurkan kembali saat terjadi peperangan antara Romawi dengan Yahudi pada tahun 70. Yang tersisa dari bait kedua hanyalah sebuah tembok sepanjang 60 meter, yang kemudian menjadi Tembok Ratapan, satu tempat suci bagi Yahudi di Yerusalem.



Orang Yahudi percaya bahwa tembok ini tidak ikut hancur sebab di situlah berdiam "Shekhinah" (kehadiran ilahi). Jadi, berdoa di situ sama artinya dengan berdoa kepada Tuhan.

Kristen
Selama pemerintahan Romawi Timur atau Byzantium, kaisar Konstantin I membuat banyak tempat peribadatan Kristen di yerusalem. Dia menggali kembali Golgota (tempat Yesus disalib) dan membuat Gereja makam kudus di atasnya (Church of the Holy Sepulchre). Sampai saat ini Gereja makam kudus menjadi tujuan ziarah umat Kristen diseluruh dunia dan menjadi salah satu situs suci umat Kristen.



Islam
Yerusalem merupakan tempat suci ketiga bagi umat Islam setelah Makkah al-mukaromah dan Madinah al-munawaroh. Umat Islam menyebut kota ini dengan Al-quds al-sharif, kota ini menjadi situs penting bagi umat Islam karena dari sinilah Nabi Muhammad pergi dan shalat sebelum akhirnya diangkat ke Arsy dalam peristiwa Isra' Mi'raj.
Situs - situs penting Islam antara lain Masjidil Aqsa dan Dome of the Rock atau Kubah Shakhrah yang berdiri diatas batu yang dipercaya menjadi landasan Mi'raj nya Rasulullah ke Arsy.



sekarang kota ini dikuasai oleh Israel, walaupun tidak resmi. PBB telah berupaya untuk mengubah status kota ini menjadi kota Internasional namun upaya tersebut terhalang oleh konflik....
Selamat Idul Adha 1432 H
nyate nyate dah ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar