Social Icons

Minggu, 24 Juni 2012

Earth Report 2012



Konichiwa, setelah lama banget gk ngepost akhirnya kesampean, sebelumnya saya udah pernah menulis Earth Report 2011 dan insya allah akan tetap mengepost Earth Report setiap tahun untuk secara tidak langsung berkontribusi bagi generasi kita.. :)



Langsung to the point aja, Earth Report berarti laporan Bumi, saya disini akan melaporkan kondisi secara keseluruhan Planet kita dan generasi kita.

Bumi, sebuah nama yang akan selalu kita ingat sebagai nama planet satu-satunya yang memiliki kehidupan sejauh yang kita tahu sampai sekarang. Rumah kita satu-satunya, tempat lahir kita, tempat hidup kita, dan tempat dimana kita akan meninggal, sebagai sebuah surga yang sangat berharga yang dimiliki oleh penghuninya. Namun, tidak seperti apa yang kita pikirkan, Bumi sangatlah rentan terutama atmosfernya, bagian paling sensitif dari Planet kita ini, perubahan 1 derajat Celcius saja pada temperatur global dunia akan sangat berpengaruh pada Planet ini.



2012, tahun dimana kita masih berusaha untuk merubah cara pandang kita terhadap Planet ini, para pemimpin dunia saat ini telah membicarakan tentang Pembangunan Berkelanjutan di Rio De Jainero, Brazil pada 15 Juni kmarin sebagai kelanjutan dari pertemuan di Nusa Dua, Bali tentang KTT perubahan iklim pada 2010 kmarin. Pertemuan ini dihadiri oleh 130 negara dari seluruh dunia untuk membahas masa depan Planet kita.

Pertemuan ini dibuka oleh pidato dari seorang remaja, Brittany Trilford berumur 17 tahun, pidato remaja ini sukses membuat semua pemimpin dunia terdiam saat itu, berikut kutipannya. 


"Saya berumur 17 tahun, masih anak kecil. Hari ini, saya mewakili semua anak-anak anda, tiga miliar anak di dunia. Pikirkan saya sebagai separuh dunia," Brittany membuka pidatonya di hadapan para pemimpin dunia dengan suara yang membuat hati terenyuh.

"Saya berdiri di sini dengan api di dalam dada saya. Saya bingung dan marah mengenai kondisi dunia. Kita berada di sini untuk menyelesaikan semua masalah yang telah kita timbulkan secara bersama, guna memastikan kita memiliki masa depan,"

ini hanyalah sepenggal pidato karena saya tidak bisa mendapat naskahnya secara utuh, pidato ini ditutup dengan "Apakah kalian datang untuk menyelamatkan muka? Atau kalian di sini untuk menyelamatkan kami?" kepada lebih dari 100 pemimpin dunia saat itu.

Apakah akan ada perubahan?

menurut info yang saya baca, sekarang para pemimpin dunia sedang galau, kenapa?
mereka tidak bisa, bahkan sepertinya menindak lanjuti janji mereka pada Pertemuan Kyoto tahun 1997, yang mengharuskan pengurangan emisi sebesar rata-rata 20% pada rentang 2008-2012.

Apakah berhasil ?

Tidak, bahkan setelah 15 tahun semenjak pertemuan pertama tentang lingkungan tersebut, para pemimpin dunia baik yang suda meratifikasi maupun menandatanganinya merasa ragu akan hal ini.

menurut saya ini sudah sangat keterlaluan, dibutuhkan lebih dari 15 tahun hanya untuk mengalihkan pemakaian energi dari tidak terbaharui menjadi terbarui, padahal kita sudah menemukan teknologi energi terbaharui sejak 50 tahun yang lalu.

Akankah ada perubahan?

tidak selama manusia masih menerapkan sistem Kapitalisme

Apa itu Kapitalisme?

Jika diartikan, Kapitalisme adalah Sustainable Growth, pembangunan terus menerus yang mengharuskan ketersediaan sumber daya alam untuk produksi terus menerus. Kapitalisme sangat tidak pro lingkungan, sbagai contoh, produksi mainan plastik di Cina, membutuhkan lilin, minyak, dan bahan tidak ramah lingkungan kemudian diekspor ke toko-toko di Amerika, di beli, kemudian beberapa hari kemudian rusak, mainan rusak dikirim lagi ke Cina untuk kemudian dibuang. Suatu pembuangan sia-sia terhadap sumber daya kita alam kita yang terbatas dan pengrusakan lingkungan. 




Pembangunan yang dilakukan Kapitalisme tidaklah merata, hanya sebagian kecil yang menyentuh masyarakat kecil. Ketidakmerataan hasil dari sumber daya alam inilah yang menjadi dilema, sumber daya alam dikuras terus menerus, hanya untuk dinikmati sebagian kecil masyarakat, sedangkan sisanya kelaparan.

Semenjak 50 tahun terakhir, manusia telah mengeksploitasi SDA terbanyak dalam sejarah manusia, tidak heran sistem ini sangat Korup bukan hanya terhadap alam tetapi terhadap manusia itu sendiri.



KESIMPULAN

2012.....
Manusia masih belum bisa berubah
Bumi masih sekarat
Lingkungan masih menderita
Hewan-hewan punah secara perlahan
Para pemimpin dunia menutup telinga mereka

Mereka tahu tapi menolak untuk tahu

INILAH YANG DI SEBUT ZAMAN KEBODOHAN UMAT MANUSIA!!
THE AGE OF STUPIDITY FOR HUMAN


This is our Future if we won't change

Badak Jawa yang Terancam Punah

Beruang Kutub yang Habitat nya berubah






2 komentar:

  1. bagusbagus bro blognya, Pray For the Earth,

    ada satu lagi sebenarnya, yaitu budaya HEDONISME yang secara tidak langsung memiliki pengaruh yang signifikan bagi bumi, tahukah anda maksudku?? :D

    BalasHapus
  2. iya Hedonisme lahir gara Kapitalisme juga,,

    BalasHapus