Social Icons

Sabtu, 13 Oktober 2012

Pengertian Enklave dan Eksklave


Moshi Moshii, happy saturday hahaha kali ini gw mau ngejelasin tentang Enklave dan Ekslave dalam geopolitik. Geopolitik sendiri berasal dari kata Geo ( Bumi ) dan Politik ( Kekuasaan ), yang kalau digabung berarti Pembagian Kekuasaan di Bumi, yang jelas pembagian kekuasaan oleh negara - negara di dunia.

Biasanya wilayah negara terbentuk oleh ekspansi negara tersebut atau faktor Geografi maupun warisan dari negara pendahulunya dan berbentuk menyatu dengan sisa wilayah negara tersebut, namun ada beberapa kasus dimana wilayah suatu negara terpisah dengan wilayah yang lainnya dan berada sepenuhnya didalam negara lain, inilah yang disebut Enklave.

Enklave

Enklave berasal dari kata Inclavatus yang artinya terkunci dalam bahasa Yunani, atau bisa disebut juga daerah kantong suatu negara yang hanya berbatasan dengan satu negara. Contohnya adalah negara Vatikan yang dikelilingi oleh Italia, dan wilayah Oecussi - Ambeno, daerah kantong milik Timor Leste yang dikelilingi oleh wilayah Indonesia.

Eksklave

Sebenarnya perbedaan Enklave dengan Eksklave hanya berbeda pada sudut pandangnya saja, suatu wilayah disebut Enklave oleh negara yang mengelilingi wilayah tersebut, dan disebut Eksklave oleh negara pemilik wilayah kantong tersebut. Dengan demikian Eksklave berarti wilayah luar suatu negara.

Bingung ? liat gambar


gambar di atas menunjukan wilayah kantong (C) negara B dalam negara A. Jadi C adalah Enklave A dan sekaligus C sebagai Eksklave B.

Enklave dan Eksklave tidak selalu muncul bersamaan, ada negara Enklave yang sepenuhnya terkurung negara lain dan tidak memiliki Eksklave, contohnya Monaco yang terkurung Perancis dan Kerajaan Lesotho yang dikelilingi Afrika Selatan.

Kerajaan Lesotho sebagai Enklave Afrika Selatan
ada juga wilayah yang hanya dijuluki Eksklave namun tidak memenuhi syarat sebagai Enklave, contohnya Alaska, wilayah milik Amerika Serikat yang berbatasan hanya dengan Kanada namun karena masih bisa diakses melalui perairan internasional maka Alaska tidak termasuk Enklave.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar