Social Icons

Selasa, 02 Agustus 2011

Museum taman prasasti



Museum taman prasasti didirikan di bekas pemakaman kuno yang telah beroperasi sejak tahun 1795. dikenal sebagai Kebon Jahe Kober. Dahulu pemakaman ini diperuntukkan bagi para bangsawan dan pejabat tinggi belanda pada masa VOC berkuasa di Batavia, namun seiring dengan waktu, juga dipergunakan oleh umum terutama mereka yang beragama nasrani. Sejak tahun 1975, pemakaman ini ditutup dan kemudian dipugar untuk kemudian diresmikan penggunaannya sebagai museum pada tahun 1977 oleh Gubernur DKI kala itu, Bapak Ali Sadikin.





Pada Agustus tahun 2003 Museum Taman Prasasti yang terletak di Jl. Tanah Abang I no. 1 Jakarta Pusat bergabung dengan museum Sejarah Jakarta dalam satu management.







Museum Taman Prasasti kaya akan berbagai gaya arsitektur klsisisme, neo-gotik, dan Hindu Jawa seni pembuatan nisan makam dari abad ke 17 sampai ke 20. Bangunan utamanya yang dibangun pada tahun 1844 juga menjadi unsur penting dalam lintasan sejarah. Bangunan didepan komplek pemakaman tua ini adalah bangunan bergaya Doria yang disediakan untuk menyemayamkan jenazah sebelum melalui upacara penguburan. Terdapat dua sayap di kiri dan kanan, masing - masing untuk menempatkan jenazah pria dan wanita.


Waktu buka museum ini:
selasa - minggu                 : 09.00 - 15.00
senin & hari libur nasional  : tutup








Tidak ada komentar:

Posting Komentar