Social Icons

Senin, 01 Agustus 2011

Serba serbi pengetahuan

 Tahukah anda??
1.    bahwa jika matahari berdiameter satu inci (2,54 cm), maka bintang terdekat akan berjarak 445 mil (sekitar 716 km) jauhnya?"
2.    "... bahwa puncak Menara Eiffel dapat berayun hingga 6-7 cm karena angin dan 18 cm karena panas?"
3.    "... bahwa lem di perangko-perangko di Israel bersertifikat kosher?"
4.    "... bahwa setelah makan, kucing selalu menjilati dirinya sendiri?
Ini disebabkan nalurinya mengatakan bahwa mereka harus menghilangkan bau makanan dari diri mereka, agar pemangsa mereka tidak akan mencium bau makanan itu, dan mencari mereka untuk memakannya."
5.    "... bahwa bulu tangkis adalah olahraga raket yang paling cepat di dunia? Kok bulu tangkis dapat melaju dengan kecepatan hampir 480 km per jam!"
6.    "... bahwa dalam keluarga Johann Sebastian Bach ada sekurang-kurangnya 52 orang musikus?"
7.    "... bahwa Orson Welles menciptakan film Citizen Kane ketika ia baru berusia 25 tahun? Film ini dianggap salah satu film terbaik oleh banyak kritikus film."
8.    "... bahwa negara bagian Hawaii mempunyai tingkat persentase kremasi tertinggi di seluruh Amerika Serikat? Sebanyak 60,6% warga Hawaii lebih memilih cara tersebut dibandingkan dengan pemakaman."
9.    "... bahwa hanya sekitar 30% remaja lelaki mengenakan cairan pelindung dari sinar matahari bila berenang, sementara 46% remaja perempuan mengenakannya?"
10.    "... bahwa dibutuhkan 120 tetes air untuk memenuhi satu sendok teh?"
11.    "... bahwa bintang komedi Lucille Ball, yang terkenal dengan filmnya I Love Lucy, dikeluarkan dari sekolah drama di New York City ketika ia berusia 15 tahun, karena dianggap terlalu pendiam dan pemalu?"
12.    "... bahwa menurut kepala juru masak di PBB, presiden Islandia makan ikan setiap hari untuk makan siangnya sementara ratu Denmark menyukai masakan Jepang?"
13.    "... bahwa James Abram Garfield, presiden ke-20 Amerika Serikat, ditembak hanya 131 hari setelah ia menjabat sebagai presiden? Ia meninggal dua bulan kemudian karena darahnya keracunan. Dokter berkali-kali mencari-cari peluru yang ada di tubuhnya dengan peralatan yang tidak steril."
14.    "... bahwa sutradara Alfred Hitchcock menggunakan sirup cokelat sebagai darah dalam adegan pembunuhan di kamar mandi dalam film Psycho? Adegan 45 detik ini membutuhkan waktu 7 hari untuk membuatnya!"
15.    "... bahwa Ottó Bláthy menciptakan problem catur yang paling panjang? Lawan akan mati dalam 290 langkah!"
16.    "... bahwa di Central Park, sebuah taman di New York City terdapat sekurang-kurangnya 226.000 batang pohon?"
17.    "... bahwa gedung parlemen Australia yang baru di Canberra adalah salah satu gedung terbesar di bumi bagian selatan? Bangunannya sendiri mencakup hampir 15% dari total 32 hektare luas tanahnya, dan mempunyai 4.500 ruangan. Luas lantainya sekitar 250.000m²."
18.    "... bahwa dasi pertama kali dikenakan oleh orang Kroasia? Para tentara bayaran Kroasia mengenakan dasi ini di Perancis dan menimbulkan rasa ingin tahu warga Paris. Karena itulah ia dalam bahasa Perancis disebut cravate yang merupakan kesalahan pelafalan dari "Croat" — Bahasa Kroasia "Hrvat".
19.    "... tidak ada huruf "L" dalam pelafalan Bahasa Jepang, Bahasa Jepang mengganti pelafalan menjadi "R" untuk kata-kata serapan yang mengantung huruf "L", sebaliknya tidak ada huruf "R" dalam pelafalan Bahasa Cina, Bahasa Cina sebaliknya mengganti pelafalan menjadi "L" untuk kata-kata serapan yang mengandung huruf "R".
20.    "... bahwa lebih dari sepertiga orang dewasa mematikan alarm jam weker mereka setiap pagi, rata-rata tiga kali sebelum mereka bangun? Yang paling sering melakukan ini adalah mereka yang berusia 25-34 tahun."
21.    "... bahwa untuk mencegah pemborosan, kelebihan makan dan pencemaran air, ikan di akuarium harus diberi makan dua kali sehari dengan jumlah makanan yang dapat dihabisi dalam waktu lima menit?"
22.    "... bahwa kebanyakan burung harus makan sekurang-kurangnya setengah berat badan mereka setiap hari?"
23.    "... bahwa seorang tukang pos di Amerika Serikat rata-rata mengantarkan surat ke 300 alamat? Hal ini sebanding dengan melakukan 600 rangkaian langkah aerobik setiap harinya."
24.    "... bahwa ikan paus kelabu bermigrasi sekitar 20.000 km setiap tahunnya? Ini adalah migrasi terjauh yang dilakukan oleh seekor mamalia."
25.    "... bahwa Antarktika adalah satu-satunya benua yang tak memiliki reptil ataupun ular?"
26.    "... bahwa sebelum menjadi bintang film, Humphrey Bogart sering menantang siapa saja bermain catur 5 menit dengan biaya 50 sen untuk sekali main di Times Square, New York City? Pada 1943 FBI melarangnya bermain catur lewat pos, karena menyangka notasi caturnya adalah kode-kode rahasia."
27.    "... bahwa lebih dari 60 juta cokelat kelinci dan 36 juta kotak cokelat dijual untuk Hari Valentine?"
28.    "... bahwa Cecil De Vere adalah juara pertama catur resmi Britania yang memperoleh gelar tersebut pada usia 21 tahun pada 1866? Selama lebih dari satu abad ia tetap merupakan pemegang gelar juara catur termuda. Namanya yang sebenarnya adalah Valentine Brown karena ia dilahirkan pada Hari Valentine."
29.    "... bahwa bintang film Rudolph Valentino seringkali ditulis namanya dalam kredit film sebagai Rudolph Valentine? Untuk perannya yang pertama dalam film "Alimony" (1917), ia dibayar AS$5,00 per hari selama pengambilan film."
30.    "... bahwa bentuk kuda tertua yang masih bertahan hingga sekarang adalah kuda Przewalski, atau kuda liar Mongolia? Kuda ini ditemukan oleh Nikolai Przhevalsky di Gurun Gobi pada 1881, seorang jenderal Rusia yang mengadakan ekspedisi ke Mongolia."
31.    "... bahwa raja Spanyol membuat investasi sebesar AS$6.000 dalam ekspedisi pertama Columbus? Dalam satu abad, investasi telah berkembang menjadi AS$1.750.000 dalam bentuk emas!"
32.    "... bahwa pada 1832, ahli bedah Skotlandia Neil Arnott merancang tempat tidur air sebagai cara untuk meningkatkan kenyamanan pasiennya?"
33.    "... bahwa hanya nyamuk betina yang menggigit dan menghisap darah sementara nyamuk jantan hanya menghisap sari bunga?"
34.    "... bahwa lagu kebangsaan Yunani mempunyai 158 bait?"
35.    "... bahwa suatu hari Margaret Herrick, pustakawati untuk Academy of Motion Picture Arts and Sciences mengatakan bahwa patung Academy Award mirip sekali dengan pamannya yang bernama Oscar? Sejak itu orang terus menyebut piala itu sebagai Piala Oscar!"
36.    "... bahwa cheetah adalah hewan tercepat di darat?"
37.    "... bahwa matahari adalah jenis bintang yang kecil?"
38.    "... bahwa kipas angin di langit-langit menggunakan tenaga listrik yang sama banyaknya dengan lampu 60 watt? Itu berarti listrik yang digunakan sekitar 98% lebih sedikit daripada kebanyakan pendingin udara!"
39.    "... bahwa setiap kali Napoleon Bonaparte mengenakan sapu tangan hitam di lehernya pada suatu pertempuran, ia selalu menang? Di Waterloo, ia mengenakan dasi putih, dan kalah!"
40.    "... bahwa bayi manusia dilahirkan dengan 300 potong tulang, namun pada usia dewasa manusia hanya mempunyai 206 tulang di tubuhnya?"
41.    "... bahwa perempuan berkedip dua kali lebih banyak dari pada laki-laki?"
42.    "... bahwa ketika para pejabat di sebuah kota mencari sampanye pada 1927 untuk menyambut Charles Lindbergh yang baru kembali dari penerbangan bersejarahnya melintasi Samudra Atlantik, mereka tidak dapat membelinya, kecuali untuk obat atau kebutuhan keagamaan? Akibatnya para petugas polisi sibuk mencari surat keterangan dari beberapa gereja, kemudian kembali untuk membeli sampanye itu."
43.    "... bahwa pada 1995 setiap orang Amerika rata-rata menggunakan 331,58 kg kertas? Jumlah ini dua kali lipat dari tahun 1980-an. Pemakaian komputer ternyata tidak menggantikan penggunaan kertas, malah meningkatkannya!"
44.    "... bahwa Bambu sebenarnya adalah anggota keluarga paling besar dari rumput?"
45.    "... bahwa Robert Browning menggunakan chianti, sejenis anggur merah untuk menolong menyembuhkan istrinya, Elizabeth Barrett Browning, dari kecanduan laudanum?"
46.    "... bahwa jerapah jantan mencari makan di pohon-pohon yang lebih tinggi daripada betinanya, sehingga tidak perlu terjadi persaingan antara kedua jenis yang berbeda?"
47.    "... bahwa Benjamin Franklin bangga karena ia menjadi pemilik pertama bak mandi di seluruh Amerika?"
48.    "... bahwa di Amerika Serikat, orang Demokrat lebih besar kemungkinannya memelihara kucing daripada orang Republikan?"
49.    "... bahwa lebih dari 90% perburuan di kalangan singa dilakukan oleh sang betina? Sementara si jantan enggan mengambil risiko untuk nyawanya, atau lebih suka beristirahat."
50.    "... bahwa siput menghasilkan cairan lengket tak berwarna yang berfungsi sebagai lapisan pelindung untuk mereka merayap? Cairan ini begitu efektifnya, sehingga siput dapat merayap di ujung silet tanpa terpotong!"
51.    "... bahwa Presiden Richard Nixon meletakkan sebuah kotak musik di meja kantornya yang bila dibuka akan memainkan lagu "Hail to the Chief"? Lagu ini selalu diperdengarkan ketika Presiden Amerika Serikat memasuki ruangan."
52.    "... bahwa luas keseluruhan area Danau-Danau Besar di Amerika adalah 244.054,58 km²?"
53.    "... bahwa Ar-Razi adalah juara catur Persia pada tahun 847 pada masa Khalifah Al-Mutawakkil? Ia juga menulis buku masalah catur Latif fi-sh shatranj dan Kitab ash-shatranj, yang telah lama lenyap."
54.    "... bahwa kata "subkontinental" adalah satu-satunya kata yang berisi semua huruf hidup dengan urutan terbalik?"
55.    "... bahwa Rochefourchat merupakan komune (kotamadya) di Perancis dengan penduduk paling sedikit di dunia, yakni 1 jiwa."
56.    "... bahwa pintu pacuan kuda diciptakan untuk mencegah terjadinya pencurian start oleh kuda-kuda pacu?"
57.    "... bahwa lapangan bisbol Arizona Bank One Ballpark menggunakan rumput khusus, De Anza zoysia, yang dikembangkan toleran terhadap kondisi cahaya yang sedikit karena biasanya atap raksasa stadion ini ditutup dalam pertandingan sore hari yang panas di Arizona?"
58.    "... bahwa permukaan planet Venus lebih panas daripada Merkurius, meskipun jaraknya hampir dua kali lipat lebih jauh dari matahari? Hal ini dikarenakan atmosfer yang menimbulkan efek rumah kaca."
59.    "...bahwa keringat tidak menghasilkan bau? Bakteri yang terdapat pada kulitlah yang menciptakan bau badan."
60.    "...bahwa belut listrik yang besarnya antara 1,5 - 2 meter mampu menghasilkan listrik hingga 600 volt yang cukup besar untuk mengejutkan seekor kuda?"
61.    "...bahwa sebuah biola terdiri dari sekitar 70 potong kayu?"
62.    "...bahwa kerangka bangunan Empire State Building dibangun dengan kecepatan rata-rata 4½ lantai per minggunya? Bangunan ini selesai sebelum jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya."
63.    "...bahwa, menurut majalah Forbes, sekitar 60% dari 793 orang miliader di dunia tahun 2009 membangun kekayaannya dari nol?"
64.    "... bahwa salah satu nama keluarga yang terpanjang di dunia adalah nama Mayor Tollemache-Tollemache de Orellana-Plantagenet-Tollemache-Tollemache (1858-1917), seorang tentara Britania?"
65.    "... bahwa vitamin K, T, H, dan U bermanfaat untuk menolong hati berfungsi dengan baik dan untuk mengobati anemia?"
66.    "... bahwa diperkirakan jutaan pohon di dunia ditanam secara kebetulan oleh tupai yang menguburkan biji-biji pohon dan kemudian lupa menggalinya kembali?"
67.    "...bahwa mata burung unta lebih besar daripada otaknya?"
68.    "...bahwa gading gajah terus bertumbuh sepanjang hidupnya, dan beratnya dapat mencapai lebih dari 100 kg? Hanya gajah jantan Asia yang memiliki gading, sementara gajah betina Afrika juga mempunyai gading."
69.    "...bahwa sayap kelelawar, telinga gajah dan kelinci, kaki flamingo, tanduk kambing, serta kulit manusia mempunyai fungsi yang sama, yaitu melepaskan panas untuk mendinginkan tubuh?"
70.    "...bahwa jika ada patung orang naik kuda dan dua kaki depan kuda itu naik di udara, itu tandanya orang itu mati dalam perang? Jika kaki kudanya hanya satu yang diangkat berarti orang itu hanya terluka dalam perang. Dan jika semua kaki kudanya menjejak tanah, berarti orang itu meninggal karena sakit."
71.    "... bahwa R.A. Kartini bukanlah pemberi nama buku Habis Gelap Terbitlah Terang? Adalah J.H. Abendanon yang saat itu Menteri Kebudayaan, Agama, dan Kerajinan Hindia Belanda yang membukukan surat-surat Kartini pada tahun 1911, dan menamainya Door Duisternis tot Licht.
72.    "... bahwa ada lebih dari 2.500 versi Yesterday karya The Beatles, sehingga lagu ini menjadi lagu yang paling banyak direkam oleh penyanyi lain dalam sejarah."
73.    "... bahwa bila diserang, teripang akan mengeluarkan benang-benang berperekat dari anusnya yang akan menjebak lawannya?"
74.    "... bahwa Marlboro bukan hanya merek rokok, tapi juga nama banyak tempat di Amerika Serikat?"
75.    "...bahwa sapi dapat menggerakkan rahangnya 40.000 kali sehari?"
76.    "... bahwa di Athena kuno, pohon zaitun dianggap suci? Semua buahnya adalah milik negara. Orang yang menebang pohonnya akan dijatuhi hukuman mati."
77.    "... bahwa auman singa dewasa dapat terdengar hingga 8 kilometer? Suara yang keras ini dimaksudkan untuk memperingatkan lawan atau mengumpulkan kembali kawanannya."
78.    "... bahwa di Amerika Serikat, rata-rata rohaniwan, pengacara, dan dokter menguasai 15.000 kata dalam kosakata mereka? Pegawai yang tidak mempunyai pendidikan perguruan tinggi menguasai antara 5.000 hingga 7.000 kata, sementara buruh pertanian hanya 1.600 kata."
79.    ...bahwa orang bisa terapung dengan mudahnya di permukaan Laut Mati karena salinitasnya yang tinggi sekitar 30-40 % (bandingkan dengan air laut yang sekitar 3,5%)?
80.    ...bahwa rata-rata tubuh manusia mengandung cukup besi untuk membuat 8 cm paku, belerang untuk membunuh semua kutu pada seekor anjing, karbon untuk 900 pensil, kalium untuk menembakkan meriam mainan, lemak untuk 7 batang sabun, fosfor untuk membuat 2.200 batang korek api, dan air untuk mengisi tangki 38 liter?
81.    ...bahwa Republik Afrika Selatan memiliki 11 bahasa resmi?
82.    "... bahwa Stadion Gajayana di Kota Malang merupakan stadion olahraga tertua di Indonesia? Stadion ini didirikan pada tahun 1924."
83.    "... bahwa bayi jerapah tingginya 1,82 meter pada saat ia dilahirkan?"
84.    "... bahwa setiap tahun ada 600.000 orang yang berkunjung ke Graceland di Tennessee yang merupakan kediaman Elvis Presley semasa hidupnya?"
85.    "... bahwa pada 2006 Jacqueline Williams dari Flint, Michigan, Amerika Serikat, kehilangan sambungan listrik di rumahnya selama 7 jam karena utangnya kepada perusahaan listrik setempat? Dan jumlah utangnya adalah 1 sen atau sekitar Rp. 95!"
86.    " ... bahwa pada jalur rel kereta api antara Stasiun Padalarang hingga Stasiun Purwakarta terdapat kurang lebih 400 jembatan kereta api?

87.    "... bahwa pemerintah Indonesia harus menalangi tak kurang dari Rp 660 triliun jaminan terhadap dana masyarakat ketika terjadinya "krismon"? Angka ini mencapai 60% dari PDB Indonesia tahun 1999 dan termahal dalam sejarah pemulihan perbankan di dunia."
88.    "... bahwa pembuka makanan kaleng diciptakan 48 tahun setelah makanan kaleng diperkenalkan?"
89.    "... bahwa panjang tubuh seekor bayi paus biru ketika baru dilahirkan adalah 7,62 meter?"
90.    "... bahwa seekor lobster membutuhkan waktu 7 tahun untuk bertumbuh hingga 0,46 kg?"
91.    "... bahwa setiap menit, sekitar 20.000 kaleng didaur ulang di Amerika Serikat? Kaleng ini berasal dari kaleng makanan, kaleng cat dan aerosol."
92.    "... bahwa susu unta mengandung sekitar 5,5% lemak susu, 7,5% susu dan 87% air?"

93.    "... bahwa Adolf Hitler sangat terpesona oleh tangan? Di perpustakaannya ada buku yang rupanya banyak dirujuknya, yang mengandung berbagai gambar dan foto tangan dari orang-orang terkenal sepanjang sejarah. Ia suka memperlihatkan tamu-tamunya betapa tangannya sangat mirip dengan tangan Friedrich Agung, salah seorang pahlawan yang dikaguminya."
94.    "... bahwa alpukat telah dibudidayakan di Amerika Tengah selama lebih dari 7.000 tahun?"
95.    "... bahwa bila keluarga Grimaldi yang berkuasa di Monako tidak mempunyai keturunan laki-laki, maka Monako tidak akan menjadi negara yang berdaulat lagi?"
96.    "... bahwa Jepang adalah importir bijih besi terbesar di dunia?
97.    "... bahwa tanaman tapak dara (Catharanthus roseus), yang berasal dari Madagaskar, digunakan untuk menyembuhkan leukemia?"
98.    "... bahwa rakyat Tiongkok telah menggunakan aluminium pada tahun 300, sementara bangsa-bangsa Barat baru menemukannya pada 1827?"
99.    "... bahwa Perang Saudara Amerika menghasilkan lebih dari 400.000 pecandu morfin? Karena itu, kecanduan morfin kemudian disebut sebagai 'penyakit tentara'."
100.    "... bahwa usia rata-rata seekor nyamuk adalah dua minggu?"
101.    "... bahwa Aspirin buatan Bayer adalah obat pertama yang dipasarkan dalam bentuk tablet? Obat ini pertama kali dipasarkan pada 1899 dalam bentuk bubuk, tetapi pada 1900 dipadatkan menjadi tablet yang dapat larut di dalam air."
102.    " ... bahwa kota dengan wilayah terluas di dunia adalah kota Mount Isa yang terletak di barat laut Queensland, Australia. Luasnya mencapai hampir 41 ribu kilometer persegi, dengan jalan raya kota sepanjang 189 km yang merupakan jalan raya kota terpanjang di dunia."
103.    " ... bahwa kokain adalah obat bius lokal pertama yang digunakan? Obat ini pertama kali digunakan pada 1884."
104.    " ... bahwa Lintasan Danau Pontchartrain di New Orleans, Louisiana, adalah jembatan terpanjang di dunia? Panjang jembatan ini sekitar 38 kilometer."
105.    " ... bahwa antara 1931 dan 1969 Walt Disney memperoleh 35 buah Oscar?"
106.    " ... bahwa nyala api lilin ternyata mengandung limpahan berlian. Ini adalah temuan Wuzong Zhou, ilmuwan dari University St Andrews, Skotlandia, Inggris, yang dipublikasikan di Chemical Communication Journal bulan ini.
107.    "... bahwa Karl V, Kaisar Romawi Suci dibesarkan dengan bahasa Perancis dan Belanda, tapi tak lama kemudian juga belajar bahasa Spanyol, Jerman, dan Italia? Ia pernah berkata bahwa ia menggunakan bahasa Spanyol untuk berbicara dengan Tuhan, Italia dengan wanita, Perancis dengan pria, dan bahasa Jerman dengan kudanya!"
108.    "... bahwa sekitar 14% dari seluruh penduduk berbahasa Spanyol di dunia tinggal di Amerika Serikat?"
109.    "... bahwa kata cokelat dalam bahasa Indonesia berasal dari bahasa Belanda atau bahasa Inggris, yang pada gilirannya berasal dari bahasa Spanyol, yang meminjamnya dari bahasa Nahuatl, bahasa bangsa Indian Aztek di Amerika Tengah?"
110.    "... bahwa dalam KTP-nya, Al Capone menulis profesinya sebagai penjual mebel bekas?"
111.    "... bahwa kayu manis adalah salah satu bumbu makanan tertua yang digunakan manusia? Bumbu ini digunakan di Mesir Kuno sekitar 5000 tahun yang lalu, dan disebutkan beberapa kali di dalam kitab-kitab Perjanjian Lama."
112.    "... bahwa selama Perang Dunia II, kota Leningrad (sekarang St. Petersburg) dikepung Jerman selama 900 hari dari 8 September 1941 hingga 27 Januari 1944? Selama pengepungan itu, diperkirakan 800.000 penduduk kota itu tewas."
113.    "... bahwa pisang adalah sumber yang baik untuk vitamin C, kalium, dan serat makanan.?
114.    "... bahwa di Hermosa Beach, California, Amerika Serikat, orang dilarang melemparkan garam di jalan raya?"
115.    "... bahwa anjing boxer disebut demikian karena ia menggunakan kaki depannya untuk memukul bila sedang berkelahi?"
116.    "... bahwa kuda laut digunakan di banyak suku bangsa sebagai obat? Setiap tahun sekitar 20 ton kuda laut kering dikonsumsi sebagai obat tradisional Cina. Pada 1988 pemerintah Australia menyatakan kuda laut sebagai binatang yang dilindungi."
117.    "... bahwa Ratu Yelizaveta Petrova dari Rusia adalah salah seorang di antara raja dan ratu Rusia yang dicintai rakyatnya karena ia tidak mengizinkan orang Jerman menjabat dalam pemerintahannya, dan tak seorang pun dihukum mati pada masa kekuasaannya?"
118.    "... bahwa dalam perjalanan ke angkasa luar para astronot Amerika maupun kosmonot Rusia selalu membawa bekal cokelat?"
119.    ... bahwa Petrus Damianus, uskup Ostia, pernah menulis kepada Paus Alexander II pada 1061 dan mendesaknya agar melarang para rohaniwan bermain catur dan menghukum seorang uskup yang membuang-buang waktu dengan bermain catur di malam hari?"
120.    ... bahwa Tom Arnold, Sandra Bullock, Chevy Chase, Bill Cosby, Kris Kristofferson, dan Bruce Willis semuanya pernah menjadi pelayan bar?"
121.    ... bahwa Presiden Amerika Serikat Franklin D. Roosevelt mempunyai hubungan dengan 11 presiden lainnya lewat pertalian darah atau perkawinan, yaitu dengan: John Adams, John Quincy Adams, Ulysses S. Grant, William Henry Harrison, Benjamin Harrison, James Madison, Theodore Roosevelt, William Taft, Zachary Taylor, Martin Van Buren, dan George Washington? Franklin D. Roosevelt adalah presiden AS yang ke-32."
122.    ... bahwa Australia mempunyai sekurang-kurangnya 14 spesies kuda laut sementara Indonesia dan Jepang masing-masing mempunyai paling sedikit 10 dan 7 spesies?"
123.    ... bahwa pada 1996 Ulf Andersson, Grandmaster Swedia memecahkan rekor dunia dengan bermain catur korespondensi pada 310 papan, dan menang 268, seri 40, dan kalah 2 dalam waktu 15 jam dan 23 menit?"
124.    ... bahwa ikan mas koki kepala singa dikembangkan di Tiongkok untuk menyerupai binatang mitologi anjing singa di negara itu?"
125.    ... bahwa bir baru dijual di dalam botol pada tahun 1850 dan di dalam kaleng pada tahun 1935?
126.    "... bahwa Den Haag tidak mempunyai universitas walaupun merupakan kota ketiga terbesar di Belanda?"
127.    "... bahwa Kalimantan pada asalnya merujuk kepada keseluruhan Pulau Borneo, dan bukan wilayah Indonesia kini saja?"
128.    "... bahwa dalam perang, anti-kapal selam menggunakan kapal laut, pesawat udara dan lain-lain untuk mencari, melacak dan memusnahkan kapal selam musuh?"
129.    "... bahwa pendiri Muhammadiyah KH. Ahmad Dahlan berguru kepada Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi di Mekkah, yang juga guru dari pendiri NU KH. Hasyim Asy'ari?"
130.    "... bahwa teh herbal sama sekali tidak mengandung teh? Teh jenis ini dibuat dari berbagai campuran bunga, buah, dan reramuan yang memberikan rasa yang sedap, tanpa kafein."
131.    "... bahwa dibutuhkan rata-rata 6000 buah anggur untuk menghasilkan satu botol anggur?"
132.    "... bahwa Winston Churchill dilahirkan oleh ibunya di dalam toilet wanita saat acara pesta malam?"
133.    "... bahwa meminum minuman keras dalam jumlah yang sedang, akan mengurangi risiko penyakit jantung hingga rata-rata 40%?"
134.    "... bahwa Napoleon selalu membawa cokelat dalam setiap peperangannya, dan memakannya apabila ia membutuhkan energi dengan segera?"
135.    "...bahwa pencipta lagu kebangsaan Singapura Majulah Singapura, yaitu Zubir Said adalah seorang Minangkabau ...!"
136.    "... bahwa Prof. Dr. Hamka hanya memperoleh pendidikan formal hingga Sekolah Dasar dua tahun dan lebih banyak belajar secara informal ke para ulama dan autodidak?"
137.    "... bahwa India memproduksi lebih dari 800 film cerita dalam 14 bahasa setiap tahun, sehingga berarti rata-rata dua buah film diproduksi setiap harinya?"
138.    "... bahwa Kabupaten Merauke saat ini adalah kabupaten terluas di Indonesia, dengan luas wilayah 44.071 km2?"
139.    "... bahwa Hippasus dari Metapontum dikatakan meninggal dihukum mati karena menemukan bilangan irasional?"
140.    "... bahwa pernyataan "manusia hanya menggunakan kurang dari 10 persen otaknya" itu hanyalah mitos?"
141.    "... bahwa Uwe Seeler adalah penyerang sepak bola Jerman terkenal karena pernah menciptakan gol dengan belakang kepalanya? Saat itu Jerman bertanding melawan Inggris pada babak perempat final Piala Dunia FIFA 1970, yang dimenangi Jerman 2-0."
142.    "... bahwa tiga dari enam Presiden Indonesia dilahirkan di Provinsi Jawa Timur?"
143.    "... bahwa rata-rata secangkir kopi mengandung lebih dari seribu komponen kimia, yang hanya dinikmati secara keseluruhan sebagai bagian dari rasa kopi?
144.    "... Bahwa pesawat kepresidenan Amerika Serikat, Air Force One, mampu terbang sejauh sepertiga keliling Bumi, nonstop, tanpa sekalipun mengisi ulang Avtur?"

145.    "... bahwa ketika Chevrolet Motor Company berusaha memperkenalkan produknya yang diberi nama "Nova" di Spanyol, ternyata mobil itu tidak laku? "Nova" dalam bahasa Spanyol berarti "mogok" atau "tidak jalan"!
146.    "... bahwa lagu kebangsaan terpanjang yang pernah disajikan adalah "God Save the King" di peron stasiun kereta api Rathenau di Brandenburg, Jerman, pada 9 Februari 1909? Saat itu Raja Edward VII sedang berjuang mati-matian di dalam kereta untuk mengenakan seragam Marsekal, karena itu band militer Jerman mengulang-ulang lagu itu hingga 17 kali!"
147.    "... bahwa nama asli Sigourney Weaver adalah Susan Weaver? Ia mengambil nama pangggungnya yang tidak lazim itu dari tokoh dalam novel The Great Gatsby."
148.    "... bahwa bakteri metilotrof mampu tumbuh dan berkembang dengan menggunakan senyawa berkarbon tunggal seperti metanol?"


(keep updating)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar